Wednesday, July 23, 2014

Cara Mengatasi Nyeri Haid

mengatasi nyeri haid
Dismenore yang kita kenal dengan nyeri haid adalah rasa nyeri yang dirasakan atau terjadi di perut sebelum atau selama haid atau menstruasi. Tubuh sering mengalami nyeri yang mengganggu pada saat menstruasi, seperti nyeri & kram di sekitar perut. Menstruasi atau Haid adalah perubahan fisiologis yang akan dialami wanita dewasa setiap bulan, 12 kali dalam satu tahun.

Menstruasi merupakan bagian dari proses reproduksi yang mana tidak sekedar datang tiap bulannya lalu hilang begitu saja, tidak sedikit wanita yang harus melalui beberapa penderitaan pada saat mengalami menstruasi, terutama pada hari pertama sampai kedua. Selain perubahan mood, mayoritas wanita mengalami nyeri & masalah kesehatan yang berbeda pada saat menstruasi dan penyebab sakit haid itu sendiri.

Seorang mahasiswi 22 tahun, yang kuliah di salahsatu perguruan tinggi jurusan teknik geologi bernama Dayinta menyatakan, ketia menstruasi mengalami nyeri di perut bagian bawah, pernah sampai mual & muntah. Nyeri haid yang normal ini baginya sangat mengganggu aktivitas, apalagi bila rasa pegal terjadi di pinggul & daerah miss V, untuk duduk pun kurang nyaman. Selama ini Dayinta tidak pernah berkonsultasi ke dokter akibat nyeri menstruasi karena masih dalam batas wajar. Tetapi kalau dia sampai pingsan atau mengalami infeksi, dia akan memeriksanya ke dokter.

Reina, mahasiswi sastra Jepang, 23 tahun mengalami Nyeri haid yang berlebihan saat menstruasi yang dialaminya bisa dikatakan parah, perut bagian bawah terasa sangat sakit seperti ditusuk jarum, mual, muntah, rasa sakit di bagian lambung mengalahkan nyeri menstruasi itu sendiri. Rasa nyeri ini sangat mengganggu aktivitas, Diyanti hanya bisa berbaring di tempat tidur, susah makan & tidak bisa kuliah. Pernah berkonsultasi ke dokter & melakukan uji USG dan ternyata tidak didapati masalah pada organ reproduksi. Menurut dokter, nyeri yang dirasakannya akibat perubahan hormon. Dengan tips berikut, Anda bisa mengatasi nyeri tersebut & bisa beraktivitas dengan lancar.

CARA MENGATASI NYERI SAAT HAID

Masalah nyeri haid yang disebutkan sahabat Vemale di atas adalah masalah yang paling sering dialami kaum hawa, keram pada perut bagian bawah, muntah mual, demam, tubuh tidak fit, menggigil & pegal-pegal. Sakit & nyeri tersebut akan menghilangkan konsentrasi pada wanita, akibatnya tidak heran bila banyak aktivitas wanita yang terganggu selama masa menstruasi.

Untuk mengurangi & mengatasi nyeri haid agar tidak sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Minuman Hangat. 

Banyak wanita yang mengaku bahwa nyeri atau sakit saat menstruasi berkurang jika mereka mengonsumsi minuman atau makanan hangat (atau hangat yang agak panas). Mengonsumsi air jahe hangat atau sup bening hangat juga bisa menjadi pilihan Anda.
Kompres Perut. Nyeri atau kram pada perut dapat berkurang dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Anda bisa menggunakan alat kompres khusus atau memakai handuk yang telah direndam air hangat & diperas.

Berbaring.

Berbaring di tempat tidur atau sofa dapat mengurangi nyeri yang Anda rasakan terutama bila Anda sering mengalami rasa nyeri di punggung pada saat menstruasi. Gunakan bantal untuk menyangga lutut Anda, tutup mata, tarik napas panjang dan buang perlahan. Terus lakukan sampai Anda merasa nyaman.
Pijatan Lembut. Pijatan ringan pada perut bagian bawah dapat mengurangi nyeri atau kram yang Anda alami. Lakukan secara lembut, usap perlahan telapak tangan Anda di bagian perut bawah. Bisa juga Anda oleskan minyak kayu putih yang dapat memberi rasa hangat sekaligus aroma yang menenangkan.

Minum Jamu. 

Indonesia memiliki warisan bahan-bahan alami yang dapat membantu para wanita mengurangi nyeri ketika mengalami menstruasi. Jamu kunyit asam bisa membuat tubuh segar & fit selama menstruasi. Lebih baik lagi bila jamu kunyit asam adalah buatan Anda sendiri.

Olahraga Ringan. 

Saat menstruasi datang & tubuh tidak fit, olahraga ringan bisa mengatasi masalah ubu. Olahraga yang ringan seperti berjalan atau senam yang dilakukan sebelum & selama menstruasi dapat melancarkan aliran darah & mengurangi rasa sakit & membuat tubuh lebih segar.

Konsultasi ke Dokter. 

Jika cara yang kami sebutkan di atas tidak membantu atau nyeri yang Anda alami sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, segera konsultasikan ke dokter. Walaupun rasa nyeri ketika haid dialami hampir semua wanita & merupakan hal yang wajar, sebaguab nyeri yang sangat mengganggu dapat menjadi gejala awal masalah organ untuk reproduksi. Pemeriksaan yang dilakukan ahli kesehatan sangat diperlukan untuk mencari apa penyebab nyeri yang Anda alami.

Demikianlah beberapa tips yang kami sajikan, bila anda memiliki tips-tips yang lain dan lebih baik, kami sangat senang sekali anda mau berbagi.

No comments:

Post a Comment