Tuesday, December 18, 2012

Tips Kesehatan Rambut secara Alami

Berikut ini beberapa Tips Kesehatan Rambut secara Alami

Menyisir dan menyikat rambut.
Menyisir dan menyikat rambut Anda setiap hari tidak hanya membersihkan merapikan rambut, akan tetapi sekaligus meningkatkan suplai darah sehingga mengaktifkan aktivitas sel-sel di kulit kepala. Gunakan sisir dengan gigi berjarak lebar dan sikat berbulu halus.
Tips Kesehatan Rambut secara Alami

Gunakan sampo yang tepat.
Pilih sampo untuk rambut normal, kering, berketombe, berminyak dan lain-lain, sesuai keadaan rambut Anda. Bersihkan rambut Anda sekurang-kurangnya dua kali seminggu. Selalu berkeramas menggunakan sampo setelah aktifitas renang di laut atau kolam renang untuk menyingkirkan garam dan klorin yang dapat merusak folikel rambut. Jangan lupa untuk selalu membilas rambut sampai bersih setelah selesai berkeramas.

Gunakan kondisioner.
Penggunaan kondisioner setelah keramas mengurangi upaya yang dibutuhkan untuk menyisir rambut dan membuatnya lebih mudah untuk diatur. Penggunaan kondisioner sangat-sangat diperlukan bila rambut Anda kering.

Keringkan rambut basah.
Keringkan rambut basah dan jangan terlalu keras menggosok rambut menggunakan handuk. Ketika rambut basah, strukturnya lebih rapuh sehingga harus dihindari menyisir atau menyikat terlalu kuat.

Variasikan gaya rambut.
Jika menggunakan gaya rambut yang membutuhkan tarikan pada rambut sebaiknya diselingi gaya rambut lebih longgar untuk menghindari tarikan konstan yang menyebabkan ketegangan folikel sehingga rambut rontok.

Jaga kecukupan protein.
Karena rambut terdiri dari protein (keratin), sangat disarankan sekali bagi Anda untuk mengikuti diet cukup protein untuk mempertahankan produktifitas rambut. Protein bisa ditemukan pada ikan, daging, telur, unggas, susu, keju, kedelai, sereal dan kacang-kacangan.

Jangan terobsesi dengan masalah rambut.
Jangan terlalu sering menyentuh atau menarik rambut ketika terobsesi atau ingin terlihat rapi.

Kontrol Emosi.
Seimbangkan dan stabilkan kondisi emosional Anda. Stress mampu memicu kerontokan pada rambut.

Jangan menggunakan wig.
Penggunaan wig harus dihindari karena membuat kulit kepala Anda tidak dapat bernapas dengan baik dan mencekik lemas folikel Anda. Topi, helm ataupun Jilbab tidak merusak rambut Anda seperti yang diakibatkan oleh wig, asalkan berhati-hati saat memakainya dan melepaskannya.

Hindari sengatan matahari.
Hindari sengatan matahari ke kulit kepala-dan tubuh. Telah kita ketahui bersama, mengapa sengatan matahari bisa berdampak serius bagi kesehatan secara keseluruhan. Sengatan matahari pada kulit kepala juga mampu menyebabkan folikel tidak mampu mempertahankan rambut karena luka bakar.

No comments:

Post a Comment