Tuesday, December 18, 2012

Minuman untuk Kesehatan Jantung

Minuman untuk Kesehatan Jantung
Faktor genetik bisa mempengaruhi risiko seseorang untuk mengidap penyakit jantung. Namun kabar baiknya, penyakit ini sebagian besar bisa dicegah. Kita mungkin pernah mendengar nasihat bijak yang mengatakan, untuk menjaga jantung agar tetap sehat, maka harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan teratur berolahraga.

Namun bukan cuma perubahan gaya hidup yang bisa lakukan untuk menekan risiko terkena penyakit jantung atau jantungan. Minuman yang Anda minum juga bisa membuat perbedaan. Berikut ini yaitu beberapa jenis minuman untuk kesehatan jantung yang disarankan yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung :

Kopi

Mungkin hal ini sepintas terdengar asing. Tapi tahukah Anda bahwa kopi mempunyai aktivitas antioksidan lebih tinggi ketimbang kakao atau teh? Mengkonsumsi kopi dengan takaran yang tepat bisa menghambat peradangan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
Sebuah studi untuk jangka panjang dengan skala yang besar, di mana melibatkan lebih dari delapan puluh tiga perempuan menyatakan bahwa minum dua cangkir kopi setiap hari bisa memangkas risiko terkena stroke 20 persen lebih rendah ketimbang mereka yang sedikit minum kopi atau tidak sama sekali.

Saran : Meminum antara 2 hingga 4 cangkir kopi per hari termasuk kategori moderat. Namun bila Anda mengalami insomnia, kelelahan dan gelisah, minum satu gelas saja sudah cukup.

Jus delima

Belakangan ini reputasi jus buah delima semakin melonjak dan memikat para peneliti gizi. Betapa tidak, para ahli dari University of California menemukan tentang, kapasitas antioksidan yang dikandung pada jus delima tiga kali lipat lebih tinggi ketimbang teh hijau dan anggur merah. Bahkan penelitian awal menyatakan, konsumsi rutin jus buah delima bisa mengurangi plak arteri (faktor risiko untuk penyakit jantung), menurunkan kolesterol dan meningkatkan peredaran darah ke jantung.

Saran: Bila memungkinkan, hindari tambahan pemanis saat membuat jus delima.

Anggur merah (red wine)

Anggur merah mengandung banyak senyawa yang bisa melindungi kesehatan pada jantung, termasuk di antaranya resveratrol. Resveratrol mempunyai sifat antioksidan yang bisa melindungi pembuluh darah di jantung serta membantu mencegah pembentukan penggumpalan darah. Beberapa bukti juga menyatakan, konsumsi anggur merah dengan jumlah yang moderat bisa meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Saran: Untuk pria, tidak lebih dari 2 gelas, sedangkan untuk wanita dianjurkan tidak lebih dari 1,5 gelas perhari.

Teh hitam

Teh hitam dihasilkan melalui proses fermentasi sesudah daun dipanen lalu dikeringkan. Pengolahan ini merubah takaran kimia dari daun, yang menghasilkan beberapa antioksidan kuat yang membantu mendukung kesehatan jantung. Teh hitam sudah terbukti mengurangi risiko stroke, mengurangi LDL (kolesterol jahat), memperbaiki fungsi pembuluh darah, dan juga meningkatkan peredaran darah dalam arteri koroner.

Saran : Semakin lama saat anda mencelup-celupkan teh, maka semakin besar manfaat dari fitokimia yang diperoleh. Oleh karena itu, menyabilan teh dengan air panas akan jauh lebih baik sekaligus menjaga kandungan antioksidan agar tetap utuh. Meminum beberapa cangkir teh hitam setiap hari bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Teh hijau

Seperti teh hitam, teh hijau mengandung banyak antioksidan yang baik untuk jantung. Perbedaan utamanya yaitu bahwa teh hijau tidak difermentasi. Sebuah studi tahun 2004 menyatakan bahwa minum teh hijau dalam jumlah yang banyak bisa mencegah resiko penyakit arteri koroner. Terdapat banyak penelitian yang menghubungkan konsumsi teh hijau dengan kolesterol rendah, pencegahan stroke dan pembekuan darah.

Saran: Minum satu sampe tiga cangkir teh hijau sehari.

Air

Dehidrasi bisa berkontribusi pada beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung koroner, termasuk darah kental. Saat anda sedang mengalami dehidrasi atau kekeringan, darah akan menjadi lebih kental. Keadaan seperti ini membuat hati anda membutuhkan lebih banyak energi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bahkan, dehidrasi kronis bisa menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Saran: Banyak ahli merekomendasikan setidaknya dalam sehari seseorang harus minum 8-10 gelas air (untuk dewasa). Namun rekomendasi jumlah yang harus diminum tidak bisa berlaku pada setiap orang dan setiap keadaan. Yang pasti, jangan biarkan tubuh Anda sampai mengalami dehidrasi. Anda juga bisa menambahkan jus atau air perasan lemon ke dalam air hangat untuk menambahkan cita rasa sekaligus memeroleh manfaat peluruhan dan antioksidan.

No comments:

Post a Comment